Petani Milenial Fasmud Yess Gowa Ahmad Fai  Bicara pengembangan Budidaya Bawang merah ramah lingkungan pada Bimtek Peningkatan Kapasitas petani dalam rangka mendukung produksi padi dan Hortikultura di Kecamatan Moncong Loe Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan yg di adakan oleh Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI. Januari 2024


Budidaya ramah lingkungan dengan memakai bahan organik buatan sendiri dapat menghemat biaya produksi pertanian serta menghasilkan buah yang sehat sehingga kita bisa terhindar dari berbagai zat kimia yang masuk kedalam tubuh kita lewat makanan.




Berbagai bahan organik yang dipakai seperti Kompos, Trochoderma, PGPR, POC Lindi Maggot, POC Urin, dan Pestisida nabati murni buatan sendiri dengan memakai alat produksi sederhana kita dapat memproduksi Pupuk Hayati ramah longkungan dengan modal kecil.


Memakai bahan organik merupakan sebuah pilihan yang perlu perjuangan dengan kondisi saat ini para petani sudah ketergantungan dengan bahan kimia yang dianggapnya lebih simpel pemakaianya. upaya yang kami lakukan merupakan sebuah solusi untuk menjaga alam dan menjaga keberlangsunga hidup jangka panjang juga solusi untuk menangani kelangkaan pupuk.


Ahmad Fai Pemakaian bahan kimia sama dengan kita merusak alam karena dapat merusak kesuburan tanah serta ekosistem mahluk hidup dalam tanah sehingga Top soil pada tanah semakin menipis yg mengakibatkan tanah kehilangan kesuburannya, sedangkan memakai bahan organik dapat menjaga kesuburan tanah dan meningkaktkan hasil pertanian.


Dihadapan 150 orang yang terdiri dari  Petani Milenial, Penyulu Pertanian dan petani kolonial, (Ahmad Fai) Berbicara tentang alam berarti berbicara tertang sang maha pencipta hal ini ditekankan bahwa semua yang ada dimuka bumi ini adalah ciptaan Allah termasuk hama pada dasarnya kita terlalu memusuhi hama pada tanaman kita dan terkadang memakai bahan kimia yang melibihi batas untuk membasminya. kita tidak sadar bahwa semua itu datangnya dari Allah sehingga kita perlu menanggulanginya dengan sifat rahman dan rahimnya Allah agar Allah yang mengankat hama ketempat lain, sehingga kita dianjurkan memakai pestisida nabati yang bisa mengusir hama tanpa membunuhnya.


Harapan kami agar para petani milenial bisa mengembangkan pertanian yang ramah lingkungan sehingga kita bisa sama-sama menjaga alam dan menghasilkan hasil produksi pertanian yang lebih sehat tanpa kandungan bahan kimia, ungkap Ahmad Fai Fasmud Yess Gowa.

0 Komentar